-->
kesuburan reproduksi

kesuburan reproduksi

Kesuburan sistem reproduksi sangat berpengaruh terhadap kemungkinan seseorang mempunyai keturunan. Pada wanita, masalah kesuburan lebih sensitif dan perlu dijaga ketat dibanding kaum adam. Ada beberapa aktifitas keseharian yang dapat mempengaruhi hal itu, lho, walau kadang tak disadari secara langsung oleh wanita.


Apa saja hal yang mempengaruhi kesuburan pada wanita, berikut ini 7 di antaranya seperti dilansir laman Times of India:

Berat badan kurang dari normal

Berat badan yang kurang dari normal, atau berlebihan dari normal juga mempengaruhi kesuburan. Alasannya karena kadar hormon mereka menjadi tak seimbang, dan terjadi gangguan ovulasi karena kurang BB atau obesitas.

Stres

Stres adalah faktor yang banyak menimbulkan ketidaksuburan, karena mempengaruhi kondisi hormonal. Hindari hal ini jika ingin tetap sehat dan organ reproduksi Anda subur.

Terlalu banyak olahraga

Olahraga berlebihan juga jadi faktor pemicu terjadinya ketidaksuburan. Hal itu menyebabkan tubuh kelelahan dan menjadi stres. Banyak atlit wanita yang berlatih keras, bermasalah dengan kesuburannya.

Kafein

Kebiasaan konsumsi kafein dalam jumlah banyak juag membuat kesuburan terpengaruh. Perkembangan siklus ovulasi sel telur wanita jadi terganggu dan itu bikin tak subur.

Rokok

Racun yang terkandung dalam rokok akan membuat kesehatan tubuh secara umum terganggu, juga kesuburan Anda.

Alkohol

Mengonsumsi minuman keras dapat mempengaruhi siklus haid, dan membuat tuba falopi kurang sehat untuk menyalurkan sperma.

Umur

Makin matang usia seorang wanita, biasanya lebih dari 40-an tahun, maka kesuburannya akan makin berkurang. Usia ideal untuk hamil adalah 20-30 tahun.

Jika ingin memperoleh keturunan yang sehat, sebaiknya memang Anda menjaga diri dari ke 7 hal di atas agar tetap subur.

Iklan Atas Artikel

'>

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel