-->
Ini yang Harus Dilakukan Operator di saat lampu padam

Ini yang Harus Dilakukan Operator di saat lampu padam

Sinyal ponsel terganggu saat mati listrik merupakan salah satu hal yang biasa terjadi. Menurut Pengamat Telekomunikasi dan Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi mengungkapkan hal tersebut lantaran pasokan utama stasiun pemancar atau Base Transceive Station (BTS) adalah dari listrik PLN.

Sehingga beberapa, BTS yang tidak memiliki cadangan genset atau baterai pun akan terganggu dan membuat sinyal ponsel hilang. Heru pun mengungkapkan upaya pencegahan yang harus dilakukan operator adalah memilikii cadangan genset dan baterai yang cukup di tiap BTS. Selain itu Heru juga mengatakan jika peran Pemerintah dalam hal ini juga diperlukan.

"Upaya pencegahan, yang sesungguhnya juga menjadi pekerjaan kementerian kominfo dan BRTI untuk mengawasi adalah memastikan bahwa operator memiliki backup genset dan baterai di tiap BTS termasuk di MSC dan NOC," kata Heru kepada Okezone, Senin (5/8/2019).

Selain itu, Heru juga mengatakan jika ada alternatif lain untuk mengatasi hal tersebut yakni memasok BTS dengan sumber listrik lain. Beberapa sumber listrik lain yakni solar cell dan kincir angin.

"Tapi memang ini agak mahal, sehingga perlu ada dukungan dan sweetener (pemanis) dari pemerintah jika operator menggunakan energi listrik alternatif," pungka Heru.
sumber oke zone

Iklan Atas Artikel

'>

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel