-->
perbedaan wordpress dan blog yang perlu di ketahui pemula

perbedaan wordpress dan blog yang perlu di ketahui pemula

Hi semuanya! Kali ini kita mau bahas topik yang sering diperbincangkan oleh banyak Blogger. Yaitu, lebih bagus mana antara Blogger atau Wordpress. Masing-masing memiliki kelebihan dan kalian harus bisa memilih agar bisa menyesuaikan terhadap Blog yang akan kalian buat nanti. Sebelum masuk ke topik utama, kalian udah tau kan website blog itu apa? Oke, bagi yang belum tau kita kasih gambaran sedikit ya.

Apa itu Blog?
Blog adalah salah satu jenis website dimana kita bisa memposting sesuatu. Pada umumnya Blog berisi artikel-artikel. Terdapat banyak Blog CMS yang memudahkan kita untuk memposting artikel seperti Blogger dan Wordpress.

Baca juga : 5 Website Indonesia Terbaik
Apa itu CMS?
Oke, CMS (Content Management System) Merupakan sebuah website yang sudah memiliki sistem untuk membuat website dinamis. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kita tidak perlu untuk kode langsung terhadap websitenya. Kita bisa membuat konten artikel dengan mudah.

Perbedaan Blogger Dan Wordpress
Oke, sekarang kita masuk ke pembahasan utama kita yaitu perbedaan antara Blogger dan Wordpress. Kalian harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kalian. Berikut merupakan perbedaab antara Blogger dan Wordpress.

1. Subdomain
Yap, yang paling terlihat adalah dari subdomainnya. Jika kamu sering memperhatikan Blog yang sedang kamu kunjungi, pastinya akan ada "wordpress.com" maupun "blogspot.com" dibelakangnya. Jika tidak membeli domain sendiri. Secara defaultnya kedua platform tersebut akan menampilkan subdomain.

2. Tema
Untuk tema, wordpress memiliki keunggulan dibandingkan dengan Blogger. Banyak pengembang wordpress yang tertarik dalam mengembangkan tema wordpress. Kamu bisa mencari banyak jenis Template di mesin pencari. Selain temanya yang melimpah. Tema yang dimiliki wordpress juga biasanya lebih unik dibandingkan dengan tema dari Blogger.

3. Alexa
Jika kamu mau melihat seberapa banyak pengguna dari kedua blog tersebut. Kamu bisa mempertimbangkan situs alexa sebagai pemeringkat website. Untuk kali ini, Blogger memiliki peringkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan wordpress. Itu artinya pengguna Blogger lebih banyak dibandingkan dengan wordpress.

4. Pengembangan
Dalam pengembangan templatenya. Blogger dan Wordpress memiliki perbedaan workflow . Dalam pengembangan template Blogger, kita menggunakan xml sebagai struktur dari pembuatan tema. Sementara wordpress, PHP menjadi bahasa dominan yang digunakan dalam pengembangannya. Hal ini yang membuat kustomisasi bisa dilakukan lebih baik karena kita bisa mengolah template dari sisi backendnya. Ini yang membuat tema dari wordpress bisa menjadi lebih unik dibandingkan dengan Blogger.
5. Penggunaan
Jika dilihat dari penggunanya, Blogger cenderung digunakan oleh orang pribadi yang memulai menulis di Blog. Sementara wordpress, biasanya perusahaan menggunakan platform ini karena pada umumnya memiliki template yang lebih profesional dibandingkan dengan Blogger. Landing page juga akan lebih mudah dibuat di wordpress yang akan menjadi kebutuhan dari suatu perusahaan.

6. Hosting
Untuk biaya hostingnya, Blogger lebih menguntungkan dibandingkan dengan Wordpress. Blogger tidak menetapkan tarif hosting kepada penggunanya. Sementara wordpress, kamu harus membayar biaya hosting saat kamu ingin mengubah domain yang kamu miliki. Tentu ini akan memberatkan bagi penulis pemula. Namun tidak bagi sebuah perusahaan.

Oke, kamu udah tau kan apa bedanya antara Blogger dan Wordpress. kamu bisa mempertimbangkannya sendiri CMS apa yang akan kamu pilih. Menurut kamu lebih bagus mana? Coba diskusiin ya.

Iklan Atas Artikel

'>

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel